Kapal Pesiar Luar Angkasa

Dahulu kapal pesiar hanya ada di Bumi, sekarang dengan pengetahuan dan teknologi manusia sudah merancang sebuah kapal pesiar untuk melancong keluar angkasa, contohnya Jepang yang telah merancang kendaraan ini dengan menggunkan partikel matahari sebagai sumber daya.

Kapal IKAROSKapal tersebut diberinama Interplanetary Kite-craft Accelerated by Radiation of the Sun atau Ikaros, yang dijadwalkan akan diterbangkan menggunakan roket dari pusat peluncuran pesawat luar angkasa Tanegashima di Jepang Selatan pada 18 Mei kemarin.

‘Ikaros merupakan ‘kapal pesiar’ yang mendapatkan tenaga dari tekanan partikel matahari yang memantulkan layarnya,” kata ahli sistem luar angkasa Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) Yuichi Tsuda, seperti diberitakan dari The Strait Times, Kamis (29/4/2010).

Layar Ikaros yang fleksibel dan lebih tipis dari rambut manusia dilengkapi juga dengan lapisan film tipis sel surya yang menghasilkan listrik untuk menciptakan teknologi listrik dan tekanan hibrida.

“Layar matahari merupakan teknologi yang merealisasikan perjalanan luar angkasa tanpa bahan bakar, selama masih ada tenaga matahari. Ketersediaan listrik memungkinkan kita untuk ‘berlayar’ lebih jauh dan efektif dalam sistem surya,” terang Tsuda.

Demikian pesatnya perkembanan ilmu pengetahuan dan teknologi bagaikan bilangan matematika yang dipangkatkan 102 sebanyak seratus kali

Jika melihat perkembangan tersebut, suatu saat mungkin biaya perjalanan ke Makkah akan lebih murah lagi dengan adanya mesin waktu atau transformasi tubuh manusia melalui jaringan nirkabel…. wallaahu a’lam